Rabu, 15 Februari 2017

Tugas IMK - Review Good Design UI dan Bad Design UI

GOOD DESIGN VS BAD DESIGN


Hallo teman-teman semua, kali ini saya akan membahas mengenai good design vs bad design pada sebuah aplikasi atau website berdasarkan usability goal dan user experience goal. langsung saja, mari kita lihat contohnya :

Good Design User Interface

1. Website http://www.morehazards.com/
More hazards merupakan sebuah situs website musik yang memiliki tampilan mengagumkan, pembuat situs ini terlihat sangat paham bahagimana mendesain website dengan baik dengan mengedepankan kenyamanan pengguna karena berfokus pada pengalaman kebanyakan pengguna ketika sedang mendengarkan musik. Pada situs ini terdapat tombol dimana kita dapat mendengarkan lagu sebelum, selanjutnya dan tombol pause. Selain itu, bagi anda yang tidak tahu dengan liriknya tidak perlu khawatir! karena situs ini menyediakan semua lirik lagunya dan dapat kita lihat terdapat kepingan cd yang berputar ketika musik dimainkan. Situs ini sederhana tetapi memberikan kenyamanan bagi penggunanya.



a. Efektif
Efektif karena user menekan tombol play untuk mendengarkan lagu, website langsung memainkan lagu dengan memutarkan kepingan cd yang ada pada website.

b. Efsien
Efisien dalam pencarian lirik, dikarenakan ketika lagu sedang diputar terdapat icon play berwarna orange pada bagian atas lirik yang menandakan bahwa lagu tersebut sedang diputar. sehingga user tidak perlu kebingungan saat mencari lirik lagu.

c. Learnability
Pada tampilan ini memenuhi aspek learnability, dimana informasi didesain dengan baik sehingga user dapat dengan mudah memahami meskipun belum pernah mengakses sebelumnya.

d. Memorability
Pada saat menggunakan website ini user dapat dengan cepat memahami kegunaan setiap fungsionalitas yang tersedia selain itu informasi yang diberikan mudah untuk dimengerti, seperti button play, button next, button previous, button dowload lagu, sehingga aspek memorability pada website musik ini dapat terpenuhi.

e. User Experience
Website ini memiliki desain yang menarik walaupun terlihat sederhana, kepingan cd dan button play pun ditempatkan dengan penempatan yang sesuai sehingga memberikan rasa nyaman kepada user, dan user dapat melihat lirik ketika lagu tersebut diputar.


Bad Design User Interface

1. Website http://www.arngren.net/
Bad design merupakan suatu desain yang buruk, baik dari segi tulisan, warna ataupun tampilan keseluruhannya terlihat menganggu mata atau tidak enak dipandang. Selain itu bisa juga dalam bentuk suatu aplikasi yang cara kerjanya tidak dijelaskan secara detail. Berikut ini saya akan memberikan salah satu contoh website yang menurut saya mempunyai desain dengan tampilan yang buruk, seperti inilah tampilan website nya.

Arngren.net adalah website jual beli berbagai macam produk, terdapat banyak sekali jenis produk pada website ini. Akan tetapi tampilan yang ada pada website tersebut sangatlah buruk, dikarenakan penempatan produk disimpan full pada tampilan laman website, hal ini tidak memberikan rasa nyaman kepada pengguna karena pengguna akan merasa kebingungan melihat gambar produk yang terlalu ramai, selain itu tulisan list produknya pun tidak mudah dibaca. Bagaimana menurut anda? Apakah anda senang dengan contoh tampilan website seperti ini?



a. Efektif
Pada website ini tidak memenuhi aspek efektif karena informasi produk diletakan secara penuh pada halaman website, dan harga produk tidak terlihat oleh user sehingga membuat user merasa kesulitan.


b. Efsien
Pada website terdapat aspek yang kurang memenuhi karena informasi tidak  dapat dilihat dengan baik oleh user, sehingga user akan merasa kesulitan ketika mencari produk yang diinginkan.


c. Learnability
Pada tampilan website terdapat banyak sekali gambar dan tulisan membuat user merasa kebingungan ketika mengakses website tersebut, sehingga informasi yang ditampilkan pada website tidak dapat ditangkap dengan baik oleh user.


d. Memorability
Ketika user menggunakan website ini, user sulit mengingat letak produk yang diinginkan karena produk tidak dikelompokan sesuai jenisnya.


e. User Experience
Ketika user menggunakan website ini, user akan merasa tidak nyaman karena website tidak memenuhi kebutuhan user dengan baik, salah satunya tidak memberikan kemudahan, dan tidak memberikan kenyamanan kepada user.



9 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat kawan. Kembangkan yah

    BalasHapus
  2. Iya nih senang sekali menggunakan path, ga cuma saya aja tapi yang lainpun banyak menggunakan

    BalasHapus
  3. Kalo menurut saya path termasuk bad design soalnya fitur chating berbeda aplikasi sehingga harus download aplikasi pendukung untuk bisa menggunakan fitur chat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar ka, sebelumnya juga saya merasakan hal yg sama. Tetapi setelah saya coba update path ke versi yg baru ternyata fitur chat kini kembali di aplikasi utama Path yang berada di bagian kanan atas aplikasi.

      Hapus
  4. Menurut saya path adalah bad design karena ketika saya mencoba aplikasi path saya harus mengulang berkali kali dan selalu lupa,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu. Iya terima kasih kak atas sarannya :)

      Hapus
  5. Ia benar apalagi untuk pengguna baru yang awam membuat sulit untuk menggunakannya tampilannya memang ga memahami user.

    BalasHapus