Minggu, 10 Mei 2015

Tugas minggu ke-3 "Arsitektur PC modern dan Infografik"

TUGAS MAKALAH
ARSITEKTUR PC MODERN






Nama : Helsa Hawariyah
Nim     : 3411141032





JURUSAN INFORMATIKA
UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI

2014-2015



ARSITEKTUR PC MODERN

A.   Pengertian Komputer

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer. Dalam bentuk yang paling sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama yang
mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika dan logika, keluaran dan control.
Unit masukan menerima informasi yang yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-alat elektromekanik seperti papan ketik pada suatu terminal video, atau dari computer computer lain lewat jalur komunikasi digital. Informasi yang diterima dan disimpan dalam memori untuk  dipergunakan kelak, atau langsung diolah oleh rangkaian aritmetika dan logika untuk melaksanakan operasi yang diinginkan. Langkah-langkah pengolahan ditentukan oleh program yang disimpan dalam memori. Akhirnya hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali keluar melalui unit keluaran. Seluruh kegiatan ini dikoordinasi oleh unit control. Dibawah ini akan dijelaskan tentang masing- masing komponen PC modern diantaranya :

1.      Monitor berfungsi sebagai output dari memory komputer atau central processing unit berupa biner. Fungsi lainnya dari monitor adalah menampilkakn data data berupa grafis tampilan dari processor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikan.
2.      Processor merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah perintah. Cepat atau lambatnya kinerja sebuah komputer akan sangat bergantung pada kecepatan processor yang digunakannya.
3.      North bridge adalah chip yang merupakan penghubung antara bus dan processor.
4.      Sourth bridge adalah yang menjambatani bus PCI dan bus ISA yang lambat.
5.      Usb drive adalah alat penyimpanan data memory kilat tipe NAND yang memilliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak ini berukuran kecil dan ringan.
6.      Memory merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer.
7.      Fire drive dikenal sebagai Ieee 1394. Kecepatan versi terakhir yang dapat mencapai 8000 Mbps.
8.      FSB (front slide bus) adalah alat untuk menghubungkan processor dengan chipset north bridge pada motherboard, jalur ini sebagai tempat lintasan data atau informasi yang diwujudkan dalam bentuk sinyal-sinyal elektronis.
9.      Usb controller adalah pengontrol usb.
10.  Cache adalah memory berukuran kecil yang sifatnya sementara.
11.  Agp adalah alat yang digunakan untuk menyimpan image 3D dan untuk berkoneksi dari point to point diantara graphics card dengan sistem memory di cpu.
12.  Ide controller merupakan funsi chipset pada motherboard untuk mengatur komunikasi data pada harddisk CD-Rom serta memanagement.
13.  Serial port untuk menttransmisikan suatu bit informasi pada satu satuan waktu.
14.  SCSI controller (small contoller system interface) adalah alat untuk mengubungkakn secara fisik dan mentransfer data antara komputer dan paripheral.
15.  Tape atau backup data adalah prose penyimpanan data ulang untuk jangka waktu panjang.
16.  Rtc (real time clock) adalah suautu pengubuur waktu yang ada dalam kompuuter dan membantnu menonitor waktu yang sedang berlangsung.
17.  Optical drive adalah perangkat yang menggunakan teknologi laser untuk menulis dan pembacaan informasi.
18.  Network controller adalah pengontrol jaringan.
19.  Pararel port untuk memasang pariferal kecepatan rendah dengan lebar data 8 bit.
20.  Fdd (floppy disk drive) perangkat penyimpanan yang membaca dan menulis informasi ke floppy disk.
21.  Gpu adalah struktur khusus yang dirancang untuk cepat memanipulasi dan mengubbah memory yang sedemikian rupa sehingga mempercepat pembangunan gambar di frame.
22.  Port SATA adalah media untuk antar muka penyimpanan generasi baru SATA dapat digunakan untuk menghubungkan hardisk dengan sistem komputer.
23.  Port ps/2 mouse untuk mengubungan mouse dengan komputer.
24.  Port ps/2 keyboard untuk memasang keyboard.
25.  Mca bus (micro chanel arsitektur) adalah sebuah bus input atau output beberapa komputer mikro.
26.  Isa (industry standard srsitektur) sebuah arsitektur bus dengan bus data selembar 8 bit yang diperkenalkakn dalam ibm pc/siso.
27.  Hardisk drive adalah penyimpanan yang membaca dan menulis informasi ke hardisk.
28.  Pci bus (paripheral component interconection) bus yang menangani bebarapa penrangkat keras.
29.  Pci is bridge adalah penghubung antara pci isa.

30.  PATA (paripheral advanced technologi atacmen interface standar untuk menghubungkan sttrage devices seperti hardisk dan CD-Rom devices dalam personal komputer.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar