Minggu, 10 Mei 2015

Tugas minggu ke-9 "Masalah hardware komputer"

TUGAS ORGANISASI ARSITEKTUR KOMPUTER
MASALAH HARDWARE KOMPUTER



Nama : Helsa Hawariyah
Nim : 3411141032





JURUSAN INFORMATIKA
UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI
TAHUN AJARAN 2015


A.  MASALAH PADA HARDWARE
1.     Keyboard tidak terdeteksi oleh PC
Penyebab : Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnya keyboard oleh komputer. Pada saat proses booting, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboard present”. Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat proses booting, komputer tidak mendeteksi adanya keyboard.
Solusi : Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU. Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat. Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak. Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak. Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja port keyboard di motherbord yang rusak.

2.     Harddisk terdeteksi di bios tetapi tidak bisa digunakan
Penyebab : Firmware dari harddisk tersebut bermasalah.
Solusi : Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.

3.     PC sering hang
Penyebab :
–     Suhu processor terlalu panas.
–     PC terinfeksi virus.
–     Kerusakan pada OS.
–     Salah satu komponen tidak kompetibel dengan PC.
–     Kerusakan pada memory.
–     Kerusakan pada hardisk.
 Solusi :
–     Cek suhu processor bila panas ganti kipas pendinginnya.
–     Coba jalankan Program Norton Ulitilas, Antivirus
–     Coba lepas salah satu komponen PC yang dicurigai.
–     Cek memory apakah berfungsi dengan baik.
–     Cek hardisk dengan scandisk apakah ada bad sector.

4.     Komputer pada saat dipakai sering mati mendadak
Penyebab :
–     Cuk ke power listrik atau stavol longgar.
     Power supply tidak berfungsi baik.
     Suhu PC terlalu panas terutama processor.
Solusi :
–     Periksa cuk listrik atau stavol sudah baik.
–     Coba cek power supply apakah berfungsi dengan baik.
–     Perbaiki/ganti colling pan/kipas pendingin.

5.     Pointer mouse yang sering meloncat-loncat
Penyebab : Pada kondisi ini, kemungkinan yang paling besar disebabkan karena kotornya komponen bola mouse. Karena komponen bola tersebut banyak bersentuhan dengan mouse pad yang tidak selalu bersih.
Solusi : Buka penutup bola mouse di bagian bawah dengan memutarnya 900 derajat. Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alkohol serta sikat dengan kuas, lalu keringkan. Di bagian dalam mouse dapat diamati adanya tiga buah roda. Dua lebar dan satu yang kecil. Kotoran yang menempel pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola. Lakukan pembersihan dengan hati-hati sehingga tidak merusak komponen-komponen di dalamnya.

6.     Monitor tidak mau menyala
Penyebab : Pada saat proses booting komputer, tombol power yang terdapat pada monitor sudah ditekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak mau menyala.
Solusi : Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON. Jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang ke arah outlet listrik. Pastikan bahwa pemasangan sudah benar. Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain. Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Pastikan sudah terpasang dengan benar. Apabila dengan pengecekan di atas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada problem pada sinyal video board adapter CRT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar